Jenis - jenis Kategori Fotografi bagi Pemula

Galang Community - Fotografi merupakan salah satu seni yang menggunakan cahaya sebagai media pelukisannya. Sebagai istilah umum, fotografi...

Galang Community - Fotografi merupakan salah satu seni yang menggunakan cahaya sebagai media pelukisannya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.


Digital dan teknologi terus berkembang, salah satunya dalam dunia fotografi. Dengan adanya digitlisasi pada kamera, maka setiap orang bisa dengan mudah mengabadikan berbagai momen ke dalam bentuk foto. Tidak perlu lama lagi menunggu, mencuci cetak hasil foto, karena kita tinggal mengambil foto secara otomatis dan melihat hasilnya melalui layar kamera. Untuk fotografer pemula, kita bisa mencoba beberapa kategori fotografi berikut ini.

1. Abstrak


Foto abstrak lebih mengutamakan keindahan dari gambar itu sendiri, pada bentuk kategori ini, hal yang diutamakan adalah keindahan komposisi gambar, seperti permainan warna dan bentuk, tekstur, dan elemen-elemen grafis.

2. Arsitektur



Pada kategori ini adalah objek yang dijadikan pilihan adalah bangunan-bangunan dengan nilai arsitek yang bagus. Untuk para pemula, penentuan angel dari pemotretan bangunan ini sangat menentukan bagus tidaknya hasil jepretan kamera. Objek foto yang dibidik dalam katagori fotografi ini adalah keindahan sebuah bangunan yang dibuat oleh hasil tangan manusia, seperti gedung, jembatan, dan arsitektur lainnya.

 3. Budaya


Potret budaya bisa menjadi pilihan bagi newbie di bidang fotografi untuk mendapatkan hasil foto yang terkesan memiliki unsur keindahan budaya. Detail dari jepretan ini akan dilihat dari seberapa fokus objek yang difoto. Objek foto budaya bisanya mengambil gambar dengan tema-tema yang menampilkan aktivitas budaya tradisional, kontemporer, dan modern, seperti halnya tari-tarian tradisional maupun modern, tradisi lokal, dan festival budaya.
4. Fashion


Sebagai seorang fotografer, keindahan merupakan hal yang pertama menjadi penilaian. Foto fashion merupakan sebuah kategori dimana hal yang ditonjolkan adalah penggunaan fashion dan model itu sendiri. Foto fashion adalah hasil foto yang menampilkan situasi fashion, baik yang pakaian, aksesoris, maupun hal lain yang digunakan oleh model. Foto ini diambil secara khusus dengan menggunakan model, atau bisa juga ditampilkan dalam bentuk peragaan busana yang dilakukan di ruangan terbuka ataupun tertutup. Foto dengan kategori ini bisa juga menjadi sebuah foto komersil.

5. Jurnalistik


Seorang jurnalis harus mengabadikan hal - hal penting dari peristiwa yang penting juga. Foto-foto yang diambil untuk merekam sebuah peristiwa penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti kecelakaan, bencana alam, kemacetan dan masih banyak lagi disebut juga dengan fotografi jurnalistik. Foto ini biasanya digunakan untuk kebutuhan berita.

6. Landscape


Kita sering mengabadikan momen-momen ketika matahari terbenam, keindahan pantai, gunung, dan lainnya. Foto-foto yang diambil untuk kategori ini lebih menonjolkan pemandangan alam dengan unsur-unsur alam tak hidup seperti tanah, air, langit, atau mengkombinasikan ketiganya.

7. Makro


Seorang fotografer memilih objek dan background yang bagus untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kategori ini merupakan kategori yang menuntut detail atau zoom yang bagus pada objek. Jenis kategori makro lebih menonjolkan detail yang tajam. Biasanya membingkai sebuah objek dengan pembesaran 1;2 atau 1;1, seperti serangga, tetes embun, kelopak bunga, dan lain sebagainya.

8. Manusia



Foto manusia banyak digunakan untuk keperluan pribadi. Kategori ini dinamakan Human Interest. Human Interest adalah kategori foto yang menampilkan objek foto berupa manusia, baik secara individual maupun kelompok dan lebih menonjolkan pada ekspresi dari objek tersebut.

 9. Nature

Keindahan alam, serta makhluk hidup yang mengisinya bisa merupakan pilihan fotografer untuk mengabadikan momen penting. Kategori fotografi yang satu ini berkaitan dengan landscape, namun untuk kategori nature lebih menampilkan objek foto alam dalam bentuk makhluk hidup atau fenomena alam seperti halnya kehidupan binatang liar, berseta tumbuhan yang hidup dalam habitatnya.

10. Panggung


Foto panggung biasanya diambil ketika ada acara penting. Ini adalah foto yang mengambil aktivitas manusia di atas panggung, seperti band, teather, tari, dan lain sebagainya.

Hal diatas merupakan kategori-kategori fotografi bagi pemula. Sebagai seorang fotografi, harus professional dalam mengambil event atau momen untuk diabadikan didalam sebuah media.
Untuk itu tetaplah berkreasi menggunakan kameramu! :)
Name

Acer Action Cam Air Pods Pro Android Android Apps Android Games Aplikasi Apple Artikel ASUS Bip Computer Design Download Ebook Engineering Facebook Fotografi Galaxy A02 GalaxyA32 GalaxyA52 GalaxyA72 GalaxyM12 GAMES Helio G80 Honor V40 Huawei Huawei Matepad 11 Instagram INTERNET iPhone iPhone 7 Plus iPhone 8 iPhone 8 Plus iPhone SE iPhone SE2021 iPhone X iPhone XR iPhone13 Kamera Laptop Movie MUSIC My Life News Operating System Oppo Oppo A55 5G PlayStation Request Design Review ROG ALLY Samsung Sharp Smartphone Smartwatch SOFTWARE Tablet Telegram Trick and Tutorial Turki Vivo Vivo Y20G Website WhatsApp xiaomi
false
ltr
item
BacaTekno.com: Jenis - jenis Kategori Fotografi bagi Pemula
Jenis - jenis Kategori Fotografi bagi Pemula
http://s25.postimg.org/saffjjpzj/5329509_20140620075701.jpg
BacaTekno.com
https://www.bacatekno.com/2014/06/jenis-jenis-kategori-fotografi-bagi-pemula.html
https://www.bacatekno.com/
https://www.bacatekno.com/
https://www.bacatekno.com/2014/06/jenis-jenis-kategori-fotografi-bagi-pemula.html
true
2179967850170407357
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All ARTIKEL MENARIK LAINNYA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy