Pertimbangan Sebelum Membeli Kamera Digital

Mau beli kamera digital? Kamera jenis apa yang anda inginkan? Kamera jenis pocket, prosumer / superzoom, mirrorless atau dslr? Sudah memper...

Mau beli kamera digital? Kamera jenis apa yang anda inginkan? Kamera jenis pocket, prosumer / superzoom, mirrorless atau dslr? Sudah mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli kamera yang anda inginkan?
Saya akan mengupas tuntas tentang apa saja hal yang harus dipertimbangkan dalam membeli kamera digital.


1. Kamera Pocket 


Apakah anda berniat untuk membeli kamera pocket? Inilah hal - hal yang harus anda perhatikan untuk membeli kamera ini :
1. Lensa kamera poket tidak bisa diganti - ganti
2. Harga kamera relatif lebih murah dibanding kamera prosumer dan dslr
3. Kamera ini hanya bisa mode auto, yang tidak bisa diatur manual seperti prosumer dan dslr.
4. Cocok untuk dokumentasi, foto-foto keluarga yang tidak memperdulikan kualitas fotografi.
5. Seiring waktu kamera ini telah tergantikan oleh adanya kamera saku.
6. Estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk kamera ini Rp.500.000 - Rp. 1.500.000

2. Kamera Prosumer / Superzoom


Apakah anda tipe orang yang ingin membeli kamera dslr tapi budget yang tidak bersahabat? Kamera Prosumer jawabannya ! Kamera ini merupakan kamera semi-slr atau peralihan antara kamera pocket dengan kamera DSLR. Berikut hal - hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kamera prosumer :
1. Kamera prosumer memiliki lensa yang tidak bisa diganti
2. Kamera ini memiliki optikal zoom yang biasanya cukup jauh, antara 20-50 kali. Cocok untuk pengguna kamera yang menginginkan zoom yang sangat jauh.
3. Seperti sebutannya kamera ini merupakan kamera yang bisa disetting manual, seperti PSAM dan berbagai setting lainnya yang hampir menyamai dslr.
4. Harga kamera ini menengah keatas untuk kualitas kamera yang bagus.
5. Body kamera ini sudah menyerupai DSLR.
6. Kamera ini tidak memiliki shutter count ( batas jumlah jepretan )
7. Ada yang memiliki Viewfinder ada yang tidak
8. Menggunakan biasanya baterai AA 4 biji atau baterai Lithium - Ion
9. Cocok bagi pengguna yang ingin belajar fotografi.
10. Estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk kamera ini Rp.1.500.000 - Rp. 5.000.000

3. Kamera DSLR ( Digital Single Lens Reflex )


Apakah anda tipe orang yang professional dibidang fotografi atau pemula yang ingin mendalami fotografi layaknya fotografer professional? Kamera DSLR adalah jawaban dari keinginan anda. Namun banyak pertimbangan yang harus anda perhatikan sebelum membeli kamera dengan jenis ini :
1. Kamera ini bukan kamera yang dapat dibeli dengan harga murah, dan kualitas nya pun juga ga murahan, jadinya kamera ini merupakan kamera professional yang tidak ditujukan bagi mereka yang cuman iseng / pengen gengsi aja.
2. Kamera ini merupakan kamera high - end di tipe nya tapi dapat dibedakan menjadi beberapa level di kelasnya.
3. Membeli kamera ini karena anda ingin menjadi professional atau karena hobi foto - foto? Jika sekedar hobi fotografi, atau suka motret aja tanpa menjadikan fotografi sebagai tumpuan hidup, maka perlu dipertimbangkan lagi apakah perlu membeli kamera DSLR.
4. Cara merawat kamera ini juga ga seenaknya saja, kamera ini sensitif sekali, tentunya memerlukan perawatan yang intensif juga.
5. Harga. harga kamera ini juga bukan harga kamera biasa seperti pocket dan prosumer, yang saya ketahui dari google, harga kamera / hanya aksesorisnya saja bisa mencapai 60 juta.
6. Kamera ini memiliki batas jepretan maksimal / disebut shutter count. Jika kamera mencapai batasnya maka shutter nya harus diganti atau direset agar bisa digunakan lagi, dan itu butuh biaya.

Namun :

7. Kamera ini dapat memberikan kualitas foto yang mengagumkan, kamera manapun dibawahnya tidak akan bisa menyamai nya meski kualitas MP nya lebih tinggi dari kamera DSLR.
8. Merupakan kamera sistem, artinya komponennya tersusun dan dapat dipisah. Artinya dapat diganti Lensanya, dan komponen lainnya.
9. Kamera ini memiliki semua setting manual yang tidak dimiliki kamera bawahnya. Sehingga bagi anda yang hobi fotografi / profesi sebagai fotografer bisa mensetting sendiri kamera anda dari kekuatan lensa, ISO, Av, Tv dan sebagainya.
10. Memiliki sensor paling besar diantara kamera dibawahnya. Sensor yang besar adalah kemampuan untuk menangkap gambar di kamera.
11. Kecepatan pengambilan gambar nya tinggi.
12. Memiliki Image Stabilization yang sangat baik.
13. Fiturnya sangat lengkap.
14. Memiliki banyak ukuran dan model.
15.  Estimasi biaya yang harus dikeluarkan untuk kamera ini Rp.3.500.000 - ( belum bisa dipastikan)

Jadi diatas mungkin kira kira sedikit pengetahuan tentang kamera yang saya dapat selama belajar dari internet, mungkin dapat membantu anda dalam menentukan pilihan kamera mana yang akan menjadi pendamping anda dalam melakukan pemotretan.

Selamat memutuskan dan jangan pernah menyesal setelah membeli :)

Tulisan ini original oleh Galang Nur Aji Pamungkas
 
Name

Acer Action Cam Air Pods Pro Android Android Apps Android Games Aplikasi Apple Artikel ASUS Bip Computer Design Download Ebook Engineering Facebook Fotografi Galaxy A02 GalaxyA32 GalaxyA52 GalaxyA72 GalaxyM12 GAMES Helio G80 Honor V40 Huawei Huawei Matepad 11 Instagram INTERNET iPhone iPhone 7 Plus iPhone 8 iPhone 8 Plus iPhone SE iPhone SE2021 iPhone X iPhone XR iPhone13 Kamera Laptop Movie MUSIC My Life News Operating System Oppo Oppo A55 5G PlayStation Request Design Review ROG ALLY Samsung Sharp Smartphone Smartwatch SOFTWARE Tablet Telegram Trick and Tutorial Turki Vivo Vivo Y20G Website WhatsApp xiaomi
false
ltr
item
BacaTekno.com: Pertimbangan Sebelum Membeli Kamera Digital
Pertimbangan Sebelum Membeli Kamera Digital
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEisBrKyWoebfLlk96azMUA7ynBemW9lhGibCiGzBv3nnkWKy9YouOUKfA9afcWKDUmqW4MpKYhbR3udftHCqsrmDPr1zvEAaifNyBQPfNezz6wWYTpu_G_DxtQR5wI5W-oe8ik8VnJzHxnw/s1600/01.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEisBrKyWoebfLlk96azMUA7ynBemW9lhGibCiGzBv3nnkWKy9YouOUKfA9afcWKDUmqW4MpKYhbR3udftHCqsrmDPr1zvEAaifNyBQPfNezz6wWYTpu_G_DxtQR5wI5W-oe8ik8VnJzHxnw/s72-c/01.jpg
BacaTekno.com
https://www.bacatekno.com/2014/08/pertimbangan-sebelum-membeli-kamera-digital-pocket-prosumer-atau-dslr.html
https://www.bacatekno.com/
https://www.bacatekno.com/
https://www.bacatekno.com/2014/08/pertimbangan-sebelum-membeli-kamera-digital-pocket-prosumer-atau-dslr.html
true
2179967850170407357
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All ARTIKEL MENARIK LAINNYA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy