Cara Membuat, Menambah, Menghapus dan Manfaat Partisi Harddisk

Semua orang tentu pernah mengakses Harddisk mereka melalui PC, Laptop. Biasanya, terdapat 2 Drive u...

Semua orang tentu pernah mengakses Harddisk mereka melalui PC, Laptop. Biasanya, terdapat 2 Drive utama pada harddisk yaitu Drive C dan Drive D, kadang ditambah Drive E. Yang akan dibahas kali ini adalah bagaimana cara menambah Drive, menghapus Drive, atau membuat Drive, singkatnya kita akan mempartisi harddisk kita. Mempartisi harddisk artinya menambah partisi, menghapus partisi, atau membuat partisi dari Harddisk utama yaitu di C. Untuk lebih jelasnya bisa disimak ulasan dibawah tentang cara membuat partisi harddisk.


Sebelum menuju ke langkah bagaimana cara partisi harddisk, ada baiknya saya menjawab mengapa kita harus mempartisi harddisk, apa manfaat mempartisi harddisk. Manfaan mempartisi harddisk adalah sebagai berikut :
Berikut ini adalah beberapa Manfaat mempartisi Hardisk:
1. Jika ukuran hardisk terlalu besar, maka lebih baik apabila membuat partisi/membagi hardisk menjadi beberapa drive/ bagian. Ini bertujuan supaya lebih memdudahkan windows untuk mengindex file di drive komputer. Intinya sama apabila pada suatu gudang tempat menyimpan barang yang sangat besar akan lebih mudah kita mencari barang dalam gudang tersebut apabila kita membuat sekat-sekat di gudang tersebut (membagi menjadi beberapa bagian).  Hardisk juga demikian jika dibagi-bagi, akan mempermudah kan kita untuk mencari suatu file. Misal dibagi menjadi 3 bagian/ partisi, partisi C: kita isi dengan file sistem dan aplikasi, partisi D kita isi dengan dokumen, partisi E kita isi dengan file-file seperti music, video dll. Itu akan lebih mempermudahkan kita dalam mencari file
2. Apabila partisi/drive C terjangkit virus (contohnya drive C berisi windows),  maka drive yang lainnya tetap aman dan tidak terjangkit virus apabila kita ingin memformat drive C.
3. Dapat menginstall lebih dari satu sistem operasi di dalam hardisk anda tanpa kwatir terjadinya tumpang tindih file, contohnya: drive C berisi Windows 7, drive D berisi Linux, drive E berisi dokumen.  Sehingga dengan meamanfaatkan sebuah hardisk kita akan lebih mudah untuk mempelajari berbagai sistem operasi.

Ada beberapa pengerteian tentang ukuran/space volume dalam pembagian partisi sesuai kebutuhan:
Terdapat beberapa hal yang sering dilakukan dalam proses partisi, yaitu
- (Delete Volume) menghapus partisi hardisk
- (Shrink Volume) memperkecil ukuran partisi hardisk
- (Extend Volume) memperbesar ukuran partisi hardisk
- (New Volume) membuat partisi baru dengan format hardisk

Sebelum melakukan Partisi harddisk diusahakan membackup data dahulu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan misal data hilang karena mati lampu dsb.

Sekarang adalah saatnya cara membuat partisi harddisk :
1. Klik kanan my computer atau computer di menu start atau explorer lalu klik manage
2. Setelah muncul windows computer management anda klik storage > disk management (local)
3. Pada contoh ini saya membagi Drive C (Windows 7) menjadi 2 partisi
Pada drive C Klik kanan kemudian pilih shrink Volume
4. Tunggulah beberapa waktu hingga proses query selesai
5. Selanjutnya maka Akan muncul kotak dialog seperti pada gambar dibawah ini. Pada kotak isian
" Enter the amount of space to shrink in MB" Isikan nilai sesuai dengan ruang hardisk, ini dapat kita isikan nilai sama atau lebih kecil dari hasil query.
6. Saya mengisi nilai space sebesar 5000 MB ( 5 GB)
Setelah itu Klik tombol Shrink
7. Setelah berhasil mengubah dan mengubah ukuran drive C (Windows 7) menjadi lebih kecil yaitu menjadi 34,35 GB, dan mempunyai sebuah ruang kosong yang dapat dibuat menjadi partisi baru.
8. Selanjutnya Klik kanan pada free spaces kemudian anda Pilih New Simple Volume

9. Klik Next untuk melanjutkan, Jangan di ubah biarkan saja nilai volumenya default
10. Pada Volume label Anda dapat mengisinya/member nama, dapat juga dibaiarkan default (dapat diganti di windows exploler)
11. Setelah itu Klik Finish




Selamat! Anda memiliki partisi baru di Harddisk anda. Silahkan di check pada windows Explorer.
Referensi : http://sistemoperasikomp.blogspot.com/2013/07/cara-membuat-partisi-hardisk-di-windows.html

COMMENTS

BLOGGER: 3
Loading...
Name

Action Cam Android Android Apps Android Games ANTIVIRUS Aplikasi Artikel Computer Design Download Ebook Engineering Fotografi GAMES INTERNET MUSIC My Life News Operating System Request Design Smartphone SOFTWARE Trick and Tutorial Website
false
ltr
item
BacaTekno.com: Cara Membuat, Menambah, Menghapus dan Manfaat Partisi Harddisk
Cara Membuat, Menambah, Menghapus dan Manfaat Partisi Harddisk
http://4.bp.blogspot.com/-3_rUD70Pp_8/VPBFLL9WBHI/AAAAAAAACUA/rBlgxDmzNdI/s1600/cara%2Bmudah%2Bmembuat%2Bpartisi%2Bhardisk.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-3_rUD70Pp_8/VPBFLL9WBHI/AAAAAAAACUA/rBlgxDmzNdI/s72-c/cara%2Bmudah%2Bmembuat%2Bpartisi%2Bhardisk.jpg
BacaTekno.com
http://www.bacatekno.com/2015/02/cara-membuat-partisi-harddisk-di-windows.html
http://www.bacatekno.com/
http://www.bacatekno.com/
http://www.bacatekno.com/2015/02/cara-membuat-partisi-harddisk-di-windows.html
true
2179967850170407357
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy