Google Play Store Error dan Bermasalah? Ini Cara Memperbaikinya Agar Normal Kembali

Cara mudah dan cepat dalam mengatasi Google Play Store yang tidak bisa dibuka, muncul kode error, tidak bisa download, dan tidak bekerja secara normal.

Google Play Store Error dan Bermasalah? Ini Cara Memperbaikinya Agar Normal Kembali


Kita pasti pernah mendapati aplikasi Google Play yang error. Entah itu tidak bisa mendownload aplikasi, play store tidak bisa dibuka, gagal install aplikasi dari play store, muncul pesan berisi kode error, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya itu adalah permasalahan yang umum. Dan saya punya solusi jitu untuk mengatasinya. Cara yang akan saya bagikan ini bisa langsung kamu praktekkan sekarang juga.

Dan inilah yang harus kamu lakukan untuk memperbaiki Google Play yang error.

Cek pengaturan tanggal dan waktu

Setiap akan terkoneksi dengan Play Store, Google selalu melakukan pengecekan tanggal dan waktu. Jika waktu dan tanggal tidak cocok dengan yang waktu sekarang, bisa menyebabkan beberapa masalah di play store.

Server Google akan mengalami masalah ketika melakukan sinkronisasi jika pengaturan tanggal dan waktunya salah. Maka dari itu, jika aplikasi play store mengalami masalah, cobalah ntuk mengecek pengaturan tanggal dan waktu. Pastikan settingan waktu sudah benar.

Untuk mengatur tanggal dan waktu di smartphone android pun sagat mudah. Pergi ke menu Setting, dibawah kolom System akan ada menu Date and Time. Sekarang kamu bisa mengatur waktunya. 

Jika ponsel sudah secara otomatis mengatur tanggal dan waktu, cobalah untuk mengatur waktunya secara manual.


Cara Mengatasi Google Play Error
Mengatur tanggal dan waktu dengan benar juga bisa membantu mengatasi Play Store jika error.


Bersihkan Cache Pada Aplikasi Google Play

Dalam beberapa kasus, kamu bisa menghilangkan error pada aplikasi play store dengan membersihkan cache pada aplikasi Google Play. Seperti yang sudah kita ketahui, cache di smartphone android adalah tempat penyimpanan data sementara.

Dengan membersihkan cache pada Google Play Store, bisa mengatasi kebanyakan masalah dan error. Untuk membersihkannya, pergi ke menu Settings, lalu pilih Apps atau Applications Manager. Kemudian geser tab ke All, lalu gulir ke bawah sampai menemukan aplikasi Google Play Store.

Setelah itu pilih Clear cache. Selesai! Sekarang cek apakah play store masih bermasalah atau tidak.

Hapus Data Pada Aplikasi Google Play

Cara ini mirip dengan cara kedua. Dengan menghapus data pada aplikasi Play Store, bisa mengatasi banyak permasalahan yang terjadi pada Play Store. Ingat, ketika Anda melakukan ini, file, pengaturan, account, database dan informasi lainnya akan terhapus.

Setelah menghapus data pada play store, anda harus log-in kembali menggunakan akun Google. Untuk menghapus data caranya mudah, sama dengan cara menghapus cache, karena tombol untuk menghapus data ini masih berada dalam satu halaman yang sama dengan saat menghapus cache.

Bedanya kita akan memilih tombol Clear data.

Cara Memperbaiki Playstore Error
Perbaiki error di Play Stor dengan mencoba untuk menghapus Cache dan Data aplikasi tersebut.

Bersihkan cache dan data pada Google Play Services

Jika Google Play Store adalah tubuhnya, maka Google Play Services adalah jiwanya.Sangat mungkin aplikasi play store yang error disebabkan karena Google Play Services yang bermasalah.

Play Services adalah aplikasi misterius yang berjalan di latar belakang dan mengirimkan berbagai macam notifikasi seperti update, sinkrinosasi antar aplikasi, dan lain-lain.

Jika sudah menghapus data dan cache pada Play Store tapi error masih berlanjut, mungkin anda perlu menghapus data dan cache pada aplikasi Google Play Services ini. Caranya cukup mudah, pergi ke Settings > Apps atau Application Manager. Lalu geser tab ke All dan gulir ke bawah sampai menemukan Google Play Services.

Kemudian tap pada Clear cache dan Clear data. Cara ini paling banyak digunakan dalam mengatasi play store yang error.

Install versi Terbaru Google Play Services

Cara lain agar error di play store bisa dihilangkan yaitu dengan mengupdate versi terbaru dari aplikasi Google Play Services dan Google Play Store. Biasanya, versi terbaru adalah versi terbaik karena sudah stabil dan bug bug pada versi sebelumnya sudah teratasi. Jadi, tetap pastikan untuk menggunakan versi yang terbaru.

Pertama, kamu harus memastikan untuk menggunakan versi terbaru. Buka Play Store dan pilih menu. Lalu tap Settings. Dibawah General, tap menu Auto-update apps, kemudian pilih Auto-updates over Wi-Fi only. Sekarang, hubungkan perangkat anda ke koneksi Wi-Fi. Dan tunggu sampai auto-update nya selesai.

Sedangkan untuk Google Play Services, kamu bisa mengunduhnya secara manual disini.

Cara Mengatasi Kode Error di Play Store
Mengupdate Google Play ke versi terbaru akan memperbaiki bug pada versi sebelumnya

Reset Akun Google di Ponsel Android

Jika cara sebelumnya masih tidak bisa mengatasi play store yang bermasalah, maka anda perlu mencoba untuk mereset akun google di perangkat android anda.

Caranya sangat mudah. Tapi ingat, anda harus hafal email dan passwordnya. Karena nanti akan digunakan untuk login kembali. So, jika anda lupa data loginnya, jangan coba cara yang ini.

Cara mereset akun google yaitu dengan menghapus akun google saat ini dari perangkat android dan menambahkannya kembali. Begini caranya:

Pertama, hapus akun google dari perangkat android. Pergi ke Settings > Accounts. Kemudian pilih akun google yang akan dihapus. Lalu tap menu yang ada di kanan atas. Selanjutnya pilih Remove account.

Cara Menghapus Akun Google di Android
Dengan mereset akun Google juga dapat mengatasi berbagai error di Play Store

Setelah terhapus, sekarang reboot perangkat. Kemudian masuk lagi ke Settings > Accounts, lalu pilih Add account. Anda tinggal mengikuti petunjuk di layar ponsel untuk menambahkan akun kembali.

Cek aplikasi yang Disabled

Beberapa aplikasi saling berkaitan dan membutuhkan satu sama lain. Istilahnya simbiosis mutualisme. Saling menguntungkan satu sama lain.

Dan hal ini juga berlaku pada aplikasi Google Play Store. Jika akhir-akhir ini anda men-disable aplikasi tertentu, mungkin aplikasi tersebut sedag dibutuhkan oleh Play Store, sehingga menyebabkan error.

Untuk mengaktifkan aplikasinya kembali, cukup pergi ke Settings > Apps atau Application Manager. Gulir sampai ke bawah, maka kamu akan menemukan daftar aplikasi yang disabled. Pilih aplikasi tersebut dan tap untuk mengaktifkannya (enable).

Cara disable aplikasi di Android
Aplikasi yang tidak aktif mungkin bisa mengganggu kinerja aplikasi lainnya.

Matikan VPN

Dengan menggunakan VPN, data kamu akan terenkripsi dan kamu bisa membuka banyak situs yang diblokir. Ada banyak aplikasi VPN yang bertebaran di Play Store, seperti Rocket VPN misalnya.

Dengan VPN kamu bisa berinternet ria menggunakan lokasi IP negara lain. Tapi VPN sering menyebabkan Google Play mengalami error. Entah itu karena server negara yang sedang kamu gunakan bermasalah, atau koneksi yang tidak stabil.

Untuk itu, jika kamu mengalami error di Play Store saat menggunakan VPN, cobalah untuk menonaktifkannya. Dan lihat apakah masalah sudah teratasi atau belum.

Aktifkan Download Manager

Jika masalah yang terjadi di play store disebabkan karena aplikasi Download Manager berstatus Disabled, maka kamu harus meng-enable-kan nya kembali. Caranya sangat gampang.

Pergi ke Settings > Apps atau Application Manager, kemudian geser tab ke All dan cari aplikasi Download Manager dan tap tombol Enable.


Cara Disable Aplikasi di Android
Disable aplikasi Download Manager bisa menyebabkan banyak error di Android

Factory Reset Perangkat Android

Ini adalah jalan terakhir jika semua metode diatas tidak berhasil dalam mengatasi aplikasi Google Play Store yang error, muncul kode error, tidak bisa download, ataupun tidak bisa dibuka. Kebanyakan permasalahan di ponsel android bisa diatasi dengan melakukan Factory reset, alias mengembalikan ke settingan pabrik.

Sebelum melakukan hal ini, kamu harus melakukan backup data terlebih dahulu di ponsel android. Karena factory reset akan menghapus semua data dan file. Untuk berjaga-jaga, jangan lupa untuk mencabut SD card (jika ada).

Nah, sekarang saatnya melakukan factory reset. Pergi ke menu Settings > Backup & reset, kemudian pilih Factory data reset. Tunggu sampai proses selesai.

Cara factory reset di ponsel android
Factory reset dapat menyelesaikan hampir semua permasalahan di Android

Semoga artikel ini bisa membantu anda mengatasi google play yang error dan tidak bekerja semestinya. Apakah cara ini berhasil bagi Anda? Jika anda punya solusi lain, anda bisa membagikannya ke kolom komentar.
Name

Acer Action Cam Air Pods Pro Android Android Apps Android Games Aplikasi Apple Artikel ASUS Bip Computer Design Download Ebook Engineering Facebook Fotografi Galaxy A02 GalaxyA32 GalaxyA52 GalaxyA72 GalaxyM12 GAMES Helio G80 Honor V40 Huawei Huawei Matepad 11 Instagram INTERNET iPhone iPhone 7 Plus iPhone 8 iPhone 8 Plus iPhone SE iPhone SE2021 iPhone X iPhone XR iPhone13 Kamera Laptop Movie MUSIC My Life News Operating System Oppo Oppo A55 5G PlayStation Request Design Review ROG ALLY Samsung Sharp Smartphone Smartwatch SOFTWARE Tablet Telegram Trick and Tutorial Turki Vivo Vivo Y20G Website WhatsApp xiaomi
false
ltr
item
BacaTekno.com: Google Play Store Error dan Bermasalah? Ini Cara Memperbaikinya Agar Normal Kembali
Google Play Store Error dan Bermasalah? Ini Cara Memperbaikinya Agar Normal Kembali
Cara mudah dan cepat dalam mengatasi Google Play Store yang tidak bisa dibuka, muncul kode error, tidak bisa download, dan tidak bekerja secara normal.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbxMay7qI2z6QlOM1Snm9pIP6cxgoUW667T8LqEQfVMJFcOZ6Li4WbbhB6xufhspvyC4s1CbX5G6MHl7AcKRgcZJkft-z0-BGrBo_yRdrYJllI_An2mq0ErE5Lk_sCCXMGOOk_AlgPrFQ/s320/cara-mengatasi-playstore-error.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbxMay7qI2z6QlOM1Snm9pIP6cxgoUW667T8LqEQfVMJFcOZ6Li4WbbhB6xufhspvyC4s1CbX5G6MHl7AcKRgcZJkft-z0-BGrBo_yRdrYJllI_An2mq0ErE5Lk_sCCXMGOOk_AlgPrFQ/s72-c/cara-mengatasi-playstore-error.jpg
BacaTekno.com
https://www.bacatekno.com/2016/06/cara-mengatasi-google-play-error.html
https://www.bacatekno.com/
https://www.bacatekno.com/
https://www.bacatekno.com/2016/06/cara-mengatasi-google-play-error.html
true
2179967850170407357
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All ARTIKEL MENARIK LAINNYA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy