Huawei MatePad 11 - Tablet Yang Bisa Menggantikan Laptop untuk Bekerja

Huawei Matepad 11

Pertanyaan yang paling banyak di tanyain orang sebelum membeli tablet biasanya adalah apakah sebuah tablet bisa menggantikan fungsi dari sebuah laptop / PC? Jawabannya adalah bisa! Pake Huawei Matepad 11. Aku udah pake tablet ini selama beberapa waktu buat gantiin laptop / PC dan hasilnya, sangat memuaskan. Mau tau gimana experience ku pake tablet ini untuk menunjang produktivitas selama bekerja? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Disclaimer dulu di artikel kali ini aku ga bakalan banyak ngebahas soal spek dari tablet ini, karena emang udah banyak yang bahas, jadi bakalan lebih ke user experience aku / real life test make Huawei Matepad 11 buat nge-handle kerjaan dan juga untuk entertainment. 

FYI yang aku pegang saat ini adalah Huawei Matepad 11 dengan varian warna baru yaitu Olive Green dan storage yang lebih luas dibanding sebelumnya yaitu sekarang di 256GB. 

Impresi awal yang aku dapet dari Huawei Matepad 11 ini adalah tentang OS & display dari tablet ini. Punya layar 11 inch IPS beresolusi 2,5K dan dengan refresh rate 120Hz serta DCI-P3 color gamut, ngebuat experience penggunaan tablet ini jadi seamless banget, detail, warna yang akurat, baik  untuk entertainment seperti nonton Netflix atau sekedar untuk multimedia. 

Menggunakan Harmony OS yang mungkin untuk Sebagian orang masih belum sepenuhnya yakin dengan OS besutan Huawei ini apakah bisa instal semua aplikasi produktivitas kayak zoom, office, ms teams dan lain-lain atau engga. Tenang guys, kalian ga perlu parno kok, aplikasi tersebut bisa di install via AppGalery dari Matepad 11 ini. Even kalau misalnya di Appgalery nya belum ada, kita bisa pake Petal Search untuk mendownload aplikasi yang kita ingin install melalui pihak ketiga. Dan untuk aplikasi khusus besutan Google seperti Youtube, Google Maps kita juga bisa menggunakan GSpace, semacam virtual machine untuk menjalankannya. Atau sebenernya kita bisa aja tinggal launch via browser terus kita buat shortcut di home jadi di ibaratkan tablet ini seperti PC yang memang ga ada aplikasi khusus untuk google. Selama pemakaian sih ini works well banget buat aku. 


Untuk user interface nya aku cukup amaze sama Matepad 11 ini, clean banget mulai dari dock aplikasi yang ada dibagian bawah, jadi kita bisa pin beberapa aplikasi penting yang sering kita jalankan termasuk buka recent apps karena icon aplikasi yang baru aja kita buka itu langsung muncul di dock sebelah kanan ini gais. Kalau misal kita pake mouse nih, dan kita arahin ke dock apps nya akan muncul preview aplikasinya kayak yang ada di windows. Navigasi nya juga cukup oke tinggal swipe swipe aja dari edge tabletnya, notifikasi yang bisa di akses melalui swipe di kiri atas dan control panel dengan swipe di kanan atas serta fitur2 seperti Huawei share & multi-screen collaboration kalau misalnya punya device lain seperti smartphone Huawei, ini akan sangat berguna sekali. Sayang nya saat ini blm bisa aku praktekin karena blm ada device Huawei lain selain tablet ini.

Oke itu adalah untuk impressi awal aku dari tablet ini, dan sekarang kita masuk ke user experience nya. For the record, selama make matepad 11 ini, aku jg make aksesorisnya yaitu Huawei smart keyboard agar pengalaman make tablet ini jadi lebih maksimal. Aku sendiri jujur suka banget sama smart keyboard Huawei ini, dia magnetic dengan 2 opsi angle dan tentunya udah wireless charging, system koneisknya Bluetooth dan pairing nya cukup simple, tinggal pasang aja tabletnya dan keyboardnya akan langsung terkoneksi. Feels ngetiknya pun jg cukup enak, Travel Distance Keyboardnya kecil sehingga ga bikin capek, spacing antar keys di keyboardnya juga lumayan renggang jadi lebih nyaman aja untuk ngetiknya apalagi buat yang punya tangan yang besar. Overall untuk smart keyboardnya ini aksesoris yang wajib banget di punya barengan matepad 11.  


Fitur yang sering banget aku pake di tablet ini adalah multi-window nya. Biasanya pas aku lagi bikin script dan butuh referensi, aku buka side-by side 2 aplikasi, satunya office app untuk ngetik script, dan satunya lagi aku buka browser untuk cari referensi dan kalau misalnya masih dirasa kurang nih kita bisa juga nambahin lagi floating windows dan ini bisa di minimize kayak gini jadi app bubble, dan kalau misal lagi bikin presentasi ke client terus pengen ngambil gambar dari internet, bisa langsung drag and drop dari browser langsung ke powerpoint kayak gini nih, jadi fitur-fitur kayak gini bener-bener useful buat kerjaan. 

Untuk meeting online sendiri biasanya aku pake 2 aplikasi, MS Teams karena terintegrasi sama office 365 dan juga Zoom, dan di tablet ini works great, mulai dari bisa ganti virtual background, share screen, experience nya 11 12 sama pas pake laptop / PC lah pokoknya, dan yang bikin tambah sempurna adalah penempatan kamera depan yang ada di bagian tengah sini, sehingga ketika lagi ada meeting ini akan keliatan lebih natural. Resolusi kameranya sendiri 8MP dengan bukaan f/2.2 yang menurut aku hasilnya ya cukup lah kalau untuk meeting / WFH. Selain itu yang biasanya kalau lagi meeting pake PC aku sering putus-putus / unstable, sejak pake matepad 11 yang udah pake wi-fi 6 aku ngerasanya koneksinya lebih baik & stabil. Oiya di tablet ini ada quad microphone, 3 dibagian atas dan 1 di belakang bikin audio yang kita deliver waktu meeting akan sangat baik tentunya. Untuk -scan dokumen, biasanya aku pake kamera belakang dengan mode dokumen, disini untuk kualitas kamera belakang nya sendiri jg lumayan cukup oke untuk tablet dengan resolusi 8MP.


Abis itu kalau misal lagi jenuh mikirin kerjaan, biasanya untuk entertainment nya aku pake nonton neflix, dan enaknya dari tablet ini karena screen ratio nya 16:10 jadi pas untuk multimedia dan untuk kebanyakan film yang punya aspect ratio 16:9 akan lebih nyaman ketika dilihat. Panel IPS nya sendiri punya warna yang vibrant apalagi dikombinasiin sama quad speaker nya yang oke banget, experience multimedia yang ditawarkan sukses bikin aku betah lama-lama mantengin tablet yang satu ini.

Untuk kualitas streaming Netflix nya sendiri disini udah Full HD Widevine L1 ya, beberapa aplikasi buat streaming udah bisa dijalankan di tablet ini, dan buat temen-temen yang langganan Disney+ hotstar, memang sampai saat ini belum bisa kalau streaming via aplikasi karena butuh google play service, tapi ngakalinnya balik lagi kayak di awal tadi, tinggal dibuka via browser dan di bikini shortcut di homescreen jadi kita tetep bisa nonton film-film dari Disney + hotstar. Oiya ada satu lagi nih yang menarik, kalau kita lagi scroll2 instagram di mode landscape, dan kita cek story orang-orang, maka tampilan story nya akan pindah ke bagian kanan, sementara untuk feed isntagram nya akan bergeser ke sebelah kiri, jadi dengan tablet ini, kita bisa ngeliat timeline sambil nontonin story orang-orang, fitur ini kadang ga di semua tablet ada, bahkan sekelas iPad Pro pun blm bisa kayak gini.  


Selain untuk multimedia, biasanya buat re-charge pikiran biar fresh lagi, aku nyempetin setengah sampai 1 jam buat main game, dan thanks to chipset di tablet ini yang pake Snapdragon 865 jadi aku bisa main hampir semua game  dengan settingan rata kanan kayak PUBG Mobile yang bisa sampai HDR Extreme, Genshin Impact Preset High 60 fps yang smooth, tapi memang di beberapa scene terdapat sedikit lag karena mungkin jg RAM dari tablet ini yang hanya 6GB, sebenernya sih aku expect bisa 8GB minimal, tapi kembali ngeliat harga dari tablet ini yang cuman 6-7 jutaan, lebih baik bersyukur sih. Kalau dilihat dari skor AnTuTu nya sendiri, tablet ini nyentuh angka 600ribuan, which is ini tablet sebenernya udah powerful banget buat semua aktivitas.

Kayak biasanya aku ngedit beberapa footage video untuk keperluan sosial media seperti Instagram reels, atau youtube menggunakan tablet ini, di resolusi Full HD kerasa seamless banget pake aplikasi VN. Proses rendering nya pun terbilang cukup cepet.

Untuk bikin thumbnail video atau Instagram feed biasanya aku pake canva dan aplikasi ini mudah banget dipake nya, ga perlu butuh ide desain yang bikin pusing, karena disini banyak banget template yang bisa kita pilih. Cepet, ga makan waktu, dan hasilnya juga sangat baik.


Baterai di tablet ini juga terbilang cukup awet, dengan kapasitas 7250 mAh, dan sepengalamanku make tablet ini untuk kerjaan, kayak meeting sama client, bikin script, ngedit video, dan hal produktif lainnya, biasanya aku charge tiap 2 hari sekali. Jadi cukup awet untuk pemakaian sehari-hari.

Dan kalau diperhatiin, jujur aku pribadi lebih suka varian warna baru Olive Green di matepad 11 ini kalau di compare sama warna grey nya. Kesan premium nya lebih dapet, lebih fresh dan ga kerasa pasaran aja.


Overall untuk PC-Like Experience make Huawei Matepad 11 ini aku cukup puas, karena di tablet ini bisa menghandle semua pekerjaan yang biasanya aku lakukan menggunakan PC / Laptop. Keuntungan yang aku rasakan sejak make tablet ini adalah dia lebih versetile ketimbang laptop / PC, ringan dibawa kemana aja, jadi aku bisa tetep berkreasi dimana aja kapan aja. Mungkin harapan aku kedepannya buat Huawei Matepad 11 ini agar untuk ketersediaan native app di AppGalery nya semakin diperbanyak, karena sebenernya aku udah jatuh cinta sama interface dan Harmony OS nya. Kalau native app udah banyak tersedia, update tiap aplikasi jadi lebih enak tentunya, dan pasti kedepannya aku yakin bakalan banyak improvement dari dunia tablet yang dulu mikirnya pangsa tablet ini minim peminat. Kalau tablet bisa ngasih PC Like Experience kayak matepad 11 ini, tentu kedepan pasti bakalan banyak yang nyari tablet minimal sebagai pendamping laptop lah, atau kalau memang udah mumpuni, bisa untuk menggantikan sebuah laptop. 

Dan mungkin segini dulu untuk user-experience aku make Huawei Matepad 11, buat diluar sana yang nonton video ini dan berminat untuk membeli Matepad 11, aku jg menyertakan link pembelian di kolom deskripsi video ini, dan jangan lupa juga untuk memaksimalkan potensinya sekalian beli aksesoris pendukung nya seperti Huawei smart keyboard dan M-Pencil, semoga video ini bermanfaat, like kalau misalnya kalian suka sama video ini, dan share ke temen-temen kalian kalau misalnya video ini bermanfaat. Saya galang pamit undur diri dan sampai bertemu di segmen gadget selanjutnya!




Name

Acer Action Cam Air Pods Pro Android Android Apps Android Games Aplikasi Apple Artikel ASUS Bip Computer Design Download Ebook Engineering Facebook Fotografi Galaxy A02 GalaxyA32 GalaxyA52 GalaxyA72 GalaxyM12 GAMES Helio G80 Honor V40 Huawei Huawei Matepad 11 Instagram INTERNET iPhone iPhone 7 Plus iPhone 8 iPhone 8 Plus iPhone SE iPhone SE2021 iPhone X iPhone XR iPhone13 Kamera Laptop Movie MUSIC My Life News Operating System Oppo Oppo A55 5G PlayStation Request Design Review ROG ALLY Samsung Sharp Smartphone Smartwatch SOFTWARE Tablet Telegram Trick and Tutorial Turki Vivo Vivo Y20G Website WhatsApp xiaomi
false
ltr
item
BacaTekno.com: Huawei MatePad 11 - Tablet Yang Bisa Menggantikan Laptop untuk Bekerja
Huawei MatePad 11 - Tablet Yang Bisa Menggantikan Laptop untuk Bekerja
Huawei Matepad 11
https://1.bp.blogspot.com/-d7vET5-khzA/YV7d4DKhJoI/AAAAAAAAdEg/VWVuUxdDEusC-RLBvfMxBB4A4e3QY533gCLcBGAsYHQ/w400-h200/Image39.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-d7vET5-khzA/YV7d4DKhJoI/AAAAAAAAdEg/VWVuUxdDEusC-RLBvfMxBB4A4e3QY533gCLcBGAsYHQ/s72-w400-c-h200/Image39.jpg
BacaTekno.com
https://www.bacatekno.com/2021/10/huawei-matepad-11.html
https://www.bacatekno.com/
https://www.bacatekno.com/
https://www.bacatekno.com/2021/10/huawei-matepad-11.html
true
2179967850170407357
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All ARTIKEL MENARIK LAINNYA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy